Senin, 17 Februari 2020

Warga Dikagetkan Fenomena Langka Bulan Bercincin di Tengah Pandemi COVID-19

Rare | Februari 17, 2020 | Tidak ada komentar


Begitu juga dialami Jainal (26),dirinya tadi malam saat sedang berada diteras rumah melihat rembulan ada keanehan karena lain dari saat purnama biasanya, ada semodel cincin melingkari bulan tersebut.

"Sumpah kejadian seperti ini baru mengalami,mungkin kalau bukan suasana pandemi COVID-19 banyak yang melihat dari pantai,"katanya.

Sementara itu Afandi (39), tadi pagi tetangganya bercerita kalau semalam melihat bulan ada keanehan yaitu ada seperti cincin melingkari bulan itu.

Dia pun penasaran kemudian mencari info ke situs BMKG, menurut keterangan dari sumber yang dapat dipercaya yaitu BMKG bahwa pada tengah malam 8 April 2020 pukul 01.08 WIB bulan berada di perige dengan jarak 356.910 km dari Bumi.

Pada saat tersebut, jari-jari Bulan yang tampak dari Bumi adalah sebesar 16,73 menit busur.

"Delapan jam 27 menit kemudian bulan pun berada pada fase purnama karena itu, pada malam tersebut, bulannya disebut sebagai purnama perige atau dikenal juga sebagai supermoon," katanya.

Berdasarkan keterangan dari BMKG juga Bulan purnama perige pada 8 April 2020 itu merupakan salah satu dari tiga supermoon pada 2020 ini.

Sumber




Email Newsletter

Like what you read here in this blog post?
Get more like it delivered to your inbox daily.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar